Sabtu, 22 Oktober 2016

7 Teknology buatan Orang Indonesia Yang mendunia

Memiliki teknologi pada zaman sekarang memang suatu kebutuhan umat manusia baik itu kebutuhn primer ataupun kebutuhan sekunder. Teknologi diciptakan oleh manusia dan berguna untuk manusia itu sendiri, di berbagai negara teknologi merupakan salah satu faktor penentu kemajuan negara.
Misalnya saja teknologi pesawat terbang, telekomunikasi, teknologi medis dan sebagainya, kita sebagai pengguna teknologi pasti pernah bertanya apakah negara kita hanya suatu negara yang keseleruhunanya pengguna teknologi? Tentu saja tidak, karena kita bangsa Indonesia memiliki orang-orang hebat yang dapat melampaui orang - orang hebat diluar sana. 
ChakramZone
Penemuan Teknology orang Indonesia yang mendunia

Berikut kami rinci tenologi dari negara kita negara Indonesia yang mendunia

1. Pondasi Cakar Ayam

Pondasi ini memiliki keunggulan yakni mengurangi tekanan permukaan tanah dan bahkan lebih kuat 75 persen dibanding pondasi biasa. Pondasi ini ditemukan oleh orng indonesia Bapak Prof Sudijatmo, pondasi cakar ayam dimanfaatkan pada bandara (misalnya pada bandara Juanda Surabaya)yang memiliki tekanan yang kuat pada permukaan. Pondasi ciptaan bapak Sudijatmo mampu menahan 2000 ton beban dan telah di patenkan oleh beberapa negara seperti Genrman, USA, France, England, Canada, Belanda

2. Teori 23 Kromoson

Teori ini menyangkut tentang kromosom manusia bahwasanya kromosom manusia itu memiliki 23 pasang. Teori ini berhasil mematahkan teori tentang kromosom sebelumnya bahwa jumlah pasangan kromosom manusia itu adalah berjumlah 24 pasang. Penemuan teori 23 kromosom di temukan oleh orang Indonesia yang ahli dibidang Cytogenetics, bapak Dr Jow Hin Thio yang berhasil menghitung pasangan kromosom secara tepat menggunakan teknik pemisahan kromosom. 


3. Telekomunikasi 4 G

Tahun sekarang telah sangat terkenal dengan jaringan 4G, yang ditemukan oleh bapak Khoirul Anwar yang berasal dari Indonesia. Sistem 4G sendiri tentunya telah melampaui sistem sebellumnya yaitu 3G dikarena kecepatanya yang melebihi batas 3G. Sistem Telekomunikasi 4 G tercipta berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing)


4.Pemindai 4 Dimensi ECVT (Electrical Capacitance Volume Tomography)

Teknologi ini menggunakan sensor medn listrik statis telah dapat menampilkan gambar melebihi 3 dimensi yaitu 4 dimensi dari karakter dari gas dan partikel pada suatu reaktor yang tertutup.
Teknologi membuat perkembangan yang pesat pada berbagai bidang misalnya energi, kimia, Kedokteran, hingga nanoteknologi. Teknologi dikemukakan oleh bapak Dr. Warsito Purwo Taruno yang berasal dari Indonesia.


5. Kromatografi tercepat

Kromatografi merupakan suatu teknik yang dapat memisahkan suatu molekul berdasar pola pergerakan dari yang bergerak sampai diam. Pada tahun 1978 Prof. Dr Rahmiana Zein menemukan teknik kromatografi yang tercepat yakni sekitar 10 menit untuk mendiagnosis senyawa kimia.
Sebelumnya adalah antara 1000 sampai 100 menit dalam membedah senyawa - senyawa

6.Persamaan Helmholtz

Menyelesaikan persamaan Helmholtz merupakan persamaan yang sangat rumit untuk diselesaikan atau dipecahkan. Namun setelah melakukan penelitian oleh bapak Yogi yang berasal dari Tasikmalaya persamaan ini dipecahkan dengan persamaan differensial biasa dengan teknik langsung dan Iterasi. Manfaat dari pemecahan masalah persamaan ini sangat menguntungkan pada pencarian sumber minyak bumi yang dapat menghemat waktu dan biaya


7. Ketela Pemadam Api 

Ketela merupakan bahan pemadam api yang ramah lingkungan yang ditemukan oleh orang Indonesia  Randall Hartolaksono. Cairan yang beliau buat dapat memadamkan api dengan cepat dan hal inilah yang menjadai solusi terbaik bagi perusahaan industri dalam memadamkan api untuk mengatasi kebakaran

8. Drone buatan Indonesia

Teknologi drone di era sekarang telah sangat membantu misalnya melihta keadan sekitar, memantau kegiatan masyarakat, bahkan sampai mata - mata dan sebagainya. Salah satu drone buatan Orang Indonesia yang mendunia yaitu "Garuda" buatan dari Bapak Profesor Josaphat Tetuko. Drone ini di tawarkan kepada presiden kita sekarang Bapak Joko Widodo. Drone ini dilengkapi dengan ruang udara dan bahkan ruang angkasa artinya drone ini dapat keluar angkasa dengan perangkat khusus seperti Synthetic Aperture Radar (SAR), Hyperspectral & TIR , dan teleskop.

Nah itulah 8 penemuan pentingan teknologi yang berasal dari negara kita dan masih banyak lagi tentang penemuan teknologi yang ada di negara kita Negara Indonesia, selanjutnya giliran kita yang melanjutkan perjuangan mereka.
Jangan hanya sekedar memakai teknologi belum tentu teknologi tersebut membuat kita mengembangkan pola pikir atau sebaliknya teknologi yang akan memberbudak kita, sehingga kita malas membuka buku dan belajar

Related Posts

7 Teknology buatan Orang Indonesia Yang mendunia
4/ 5
Oleh

3 komentar

22 Oktober 2016 pukul 21.54 delete

Maaf ada tambahan untuk ke 8

Reply
avatar
18 November 2016 pukul 17.57 delete

wahhh mantap informasinya gan, sangat menarik gan, terima kasih kunjungi juga gatlingkom.

Reply
avatar