Kamis, 13 Oktober 2016

Ingin Membeli Laptop Gaming Yang Awet Dan Berkualitas? Perhatikan 9 Poin Penting Berikut Ini



Dewasa ini, banyak sekali orang yang memakai laptop untuk keperluan bermain game. Berbagai macam laptop gaming sering kali kita jumpai di toko-toko komputer. Pada umumnya laptop gaming memiliki harga yang lumayan mahal dengan spesifikasinya yang dapat dikatakan sangat cocok untuk bermain game. Lewat artikel kali ini, saya akan membagikan tips bagaimana cara untuk memilih laptop gaming yang baik dan benar. Banyak orang yang mengklaim untuk urusan gaming, alangkah baiknya memakai PC dibandingkan laptop. Saya rasa asumsi tersebut memang tidak salah, mengingat PC yang memiliki banyak kelebihan dalam masalah gaming dibandingkan laptop, dan salah satu kelebihan dari PC yaitu kemudahannya dalam masalah upgrade perangkat keras komputer. Tidak mau kalah dengan PC, Laptop juga memiliki keunggulan tersendiri soal gaming. Salah satunya yaitu efisien,simple, dan mudah dibawa kemana saja, Jadi anda dapat bermain game dimana saja, baik itu dikampus,kafe, dll.
Memiliki laptop gaming tag harus dengan harga yang mahal. Apabila anda tahu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat ingin membeli laptop gaming. Tidak menutup kemungkinan bahwa anda dapat memperoleh laptop gaming dengan harga murah. Daripada anda penasaran, simaklah ullasan.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Laptop Gaming:

1. Perhatikan seri chipset VGA, bukannya besar memory VGA

Kesalahan yang kerap kali dilakukan orang saat membeli laptop gaming adalah lebih memperhatikan besar memori  VRAM atau VGA dibanding sering chipset VGA tersebut. Padahal yang harus diperhatikan yaitu seri chipsetnya, bukan malah besar memorynya. Dalam hal ini berbeda pada desain grafis, VRAM sangat penting, namun dalam gaming tidak terlalu diperlukan. Supaya lebih mudah dalam memilih VGA yang tepat untuk gaming, maka perhatikanlah seri dari chipsetnya. Misalnya saja NVIDIA GetForce GT 720M maka cara membacanya adalah:

Digit pertama menunjukkan dari generasinya, yang berarti VGA itu merupakan generasi ketujuh.
Digit kedua dan ketiga bagian ini menunjukkan tingkatan performa atau kelasnya, semakin tinggi angkanya maka semakin bagus pula performa VGA tersebut. Yang paling utama adalah digit kedua dan kegital. Misalnya Nvidia GeForce GT 720M maka performanya berada dibawah dari Nvidia GeForce GT 635M namun GT 635M memiliki teknologi yang lebih canggih sebab generasinya lebih baru.

2. Jangan Pernah mengabaikan peran processor

Banyak orang yang cenderung lebih memprioritaskan VGA dibanding Processor saat ingin membeli sebuah laptop gaming. Mereka lebih memilig VGA sangat bagus performanya namun tidak diimbangi oleh processor yang bagus juga. Seri chipset VGA diatas adalah seri chipset  dari versi mobile, bukannya versi dekstop. Hal tersebut memang tidak salah, namun perlu diperhatikan juga peranan dari processor yang tidak bisa dianggap remeh, sebab semakin banyak game melakukan beberapa perhitungan kompleks di processor. Selain itu, banyaknya suatu inti/core yang dimiliki processor maka hal ini bisa memperingan proses rendering pada VGA. Saya sarankan supaya memilih laptop yang memiliki processor non ULV, sebab processor ULV terbilang kurang baik untuk gaming.

3. Besarnya RAM yang dimiliki oleh Laptop

Semakin besar kapasitas RAM dari suatu laptop maka semakin lancar juga proses multitasking. Jangan terlalu terpaku dengan clock speed RAM sebab rata-rata game sekarang lebih mengutamakan kapasitas RAM dibandingkan clock speed RAM.

4. Perhatikan Pula kapasitas hard disk

Pastikan kapasitas hard disk yang dimiliki oleh laptopmu minimal adalah 500gb. Apabila anda memiliki dana lebih, maka tidak ada salahnya anda meng-upgradenya untuk menjadi lebih besar lagi. Perlu diingat juga, bahwa dengan mengupgrade hard disk tidak hanya akan memperbesar kapasitas penyimpanan saja, namun juga berfungsi untuk meningkatkan kinerja laptop.

5. Lebih Baik Memilih Laptop Yang Bisa Diupgrade komponennya


Meskipun tidak semua komponen laptop yang bisa di upgrade. Namun usahakan untuk memilih laptop yang sudah mendukung upgrade pada komponen-komponennya seperti hard disk dan RAM. 
Dengan mengupgrade komponen, maka bisa meningkatkan kinerja laptop. Komponen utama yang harus di upgrade yaitu RAM dan juga hard disk. 

6. Perhatikan ukuran layar laptop yang akan anda beli

Ukuran layar adalah indikator kenyamananmu saat bermain game. Pilihlah ukuran layar yang sesuai dengan kebutuhanmu, saya pikir laptop yang memiliki ukuran layar 14 telah lebih dari cukup. Apabila ingin merasakan pengalaman gaming yang jauh lebih menarik, maka tidak ada salahnya untuk memilih laptop yang memiliki ukuran layar 15-17.

7.Memilih Laptop yang Mempunyai beragam port

Pilihlah laptop yang memiliki konektivitas beragam. Untuk itu sebelum anda memilih laptop game maka pastikan terlebih dahulu bahwa laptop tersebut mempunyai minimal beberapa port berikut:

>USB 2.0 port.
>USB 3.0 port.
>HDMI port.
>D-Sub port.

USB 2.0 port & USB 3.0 port pastinya memiliki peranan yang sangat penting untuk memasang peripheral yang akan mendukung kenyamanan dalam gaming seperti keyboard,mouse, maupun joystick. Rasanya akan kurang menarik apabila memakai keyboard internal (bawaan dari laptop) ataupu touchpad saat bermain game. Apabila anda berniat untuk bermain game dan berencana menghubungkannya ke monitor yang memiliki ukuran layar lebih besar atau LCD TV, maka pilihlah laptop yang menyediakan juga HDMI port serta D-Sub port.

8. Perhatikan lama garansi suatu laptop

Setiap vendor laptop pasti memiliki tenggang waktu yang berbeda-beda saat memberi garansi pada konsumennya. Rata-rata lama pemberian garansi laptop yaitu 1 tahun, semakin lama maka akan semakin bagus lagi sekedar saran jangan cari garansi yang kurang dari satu tahun. Mengklaim garansi sangat penting dilakukan apabila sewaktu-waktu hard ware laptop terjadi kerusakan. Tidak ada salahnya apabila mempertimbangkan garansi saat memilih laptop gaming.

9.Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai laptop adalah hal yang kerap kali menjadi suatu masalah, sebab dipakai untuk keperluan yang memang bekerja dalam kinerja berat, baterai laptop gaming akan menjadi cepat boros. Carilah baterai yang memiliki kapasitas penyimpanan cukup besar. Hal ini dimaksudkan agar tidak mengganggu aktivitas gaming anda. Pastinya anda tidak mau kan, lagi seru-serunya main game, malah baterai kamu udah habis karena kapasitasnya yang terlalu kecil. Saat ini akan ada banyak laptop yang beredar dipasaran dengan harga yang beragam dan spesifikasi yang beragam pula. Maka dari itu anda dituntut untuk menjadi lebih bijak saat ingin membeli laptop gaming. Perhatikanlah 8 hal yang sudah saya sampaikan tadi, jangan pernah anda termakan bujuk rayu oleh penjual nakal. Pilihlah laptop yang memiliki harga lumayan mahal namun didukung oleh spesifikasi yang bagus, hindari untuk membeli laptop yang abal-abal dengan harga yang murah. Meskipun cukup mahal namun keaslian dan keawetannya akan terjamin, spesifikasi yang tinggi juga akan membuat gaming anda lebih seru dan menyenangkan. 

Sekian dulu untuk tips memilih laptop gaming semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Related Posts

Ingin Membeli Laptop Gaming Yang Awet Dan Berkualitas? Perhatikan 9 Poin Penting Berikut Ini
4/ 5
Oleh