Jumat, 21 Oktober 2016

Kesal Dengan Kinerja Laptop Yang Mulai Lemot? Atasi Dengan 10 Tips Berikut Ini

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara untuk mempercepat kinerja komputer/laptop yang sudah mulai melamban. Memiliki komputer yang lambat bisa jadi membuat kita kesal, seakan-akan kita sedang di uji kesabaran yang sangat besar. Tidak heran apabila banyak orang yang sangat kesal jika sedang sibuk-sibuknya mengerjakan tugas kantor/sekolah tiba-tiba laptop mulai sangat lelet, dan hal itu sering terjadi. Maka tidak heran apabila banyak diantara mereka yang lebih memilih menyelesaikan tugas diwarnet ketimbang memakai komputer milik sendiri yang kinerjanya sangat lambat. Sebenarnya, untuk mengatasi masalah laptop/komputer yang kian hari semakin lelet, anda cuma butuh melakukan beberapa perawatan secara rutin dan melakukan hal-hal yang akan saya jelaskan dalam artikel ini.
Mari atasi kinerj laptop yang mulai lemot
Oke langsung saja, kita simak cara mengatasi kinerja laptop/komputer yang kian lama semakin lambat berikut ini:

1.Perbesar kapasitas RAM dan juga Harddisk


SSD
Proses multitasking yang sangat berat, hal ini menyebabkan kinerja dari suatu laptop/komputer menjadi lambat. Menambah kapasitas RAM menjadi yang lebih besar lagi adalah pilihan terbaik untuk mempercepat kinerja laptop. Perhatikan juga kapasitas yang dimiliki oleh harddisk anda. Apabila memang telah hampir penuh semisal tersisa 10GB, maka tidak heran apabila laptop anda juga semakin melambat. Saya sarankan agar anda memperbesar kapasitas harddisk dan apabila memiliki dana lebih, tidak akan ada salahnya untuk membeli SSD yang akan meningkatkan performa laptop anda semakin meningkat.


2.Hapus file-file sampah di Recycle Bin

Empty Recycle bin
File sementara atau sampah bisa memperlambat kinerja laptop/komputer, jadi langkah terbaik yang harus anda lakukan adalah dengan menghapusnya. Periksa terlebih dahulu beberapa file tersebut, apabila memang tidak anda butuhkan, silahkan untuk menghapusnya dengan cara mengklik kanan pada icon Recycle Bin lalu pilih Empty Recycle Bin. Software alternatif yang dapat kamu gunakan yaitu CCleaner, software tersebut juga bisa digunakan untuk menghapus file sementara yang ada pada browser.

3.Uninstall program yang anda rasa tidak penting


Kurangi program yang tidak penting
Untukk apa sih gunanya menginstal program yang memang tidak penting dan jarang anda gunakan. Akan disayangkan apabila menginstal suatu program yang hanya menyia-nyiakan ruang hard disk anda. Untuk uninstall program, anda dapat melakukannya lewat menu Start kemudian Control Panel lalu Uninstall a program kemudian uninstall lah beberapa program yang anda rasa tidak penting.


4.Kurangi program yang berjalan di Startup

Kurangi program yang berjalan
Salah satu faktor yang menyebabkan kinerja laptop semakin lambat dan menurun adalah banyaknya program yang berjalad di startup. Saya sarankan kepada anda untuk menonaktifkan beberapa program yang benar-benar tidak penting serta dirasa tidak perlu berjalan pada startup. Yaitu dengan cara menekan tombol Win+R>ketikkan msconfig>pilih tab Startup lalu uncheck semua program yang ingin anda nonaktifkan. Supaya lebih mudah, maka anda dapat memakai CCleaner untuk menonaktifkan semua program yang sedang berjalan pada startup.

5.Jangan lupa Untuk menginstal Antivirus

MSE buat pengguna Windows

Pastikan anda telah menginstal antivirus. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kebanyakan virus termasuk spyware dan malware menimbulak kinerja suatu laptop akan menjadi lambat dan bisa merusak file/data kita. Antivirus yang dianjurkan adalah Microsoft Essential bagi pengguna windows karena antivirus ini merupakan bawaan dari windows.

6.Custom Virtual Memory

Advanced System Settings
Meskipun peranannya tidak begitu besar seperti RAM, namun virtual memory ini bisa membantu meningkatkan kinerja dari komputer anda. Untuk mengatur seberapa besar dari virtual memory yang akan anda pakai, masuk ke Control Panel kemudian System anda Security lalu System atau bisa juga dengan cara menekan tombol Windows+Pause/Break lalu pilih Advanced system settings. Selain itu anda juga harus menginstal antivirus yang paling tepat, bukannya antivirus yang justru memperlambat kinerja laptop anda.

7.Gunakan Disk Cleanup

Disk Cleanup
Tool ini sangat berguna untuk menghapus beberapa file sementara disetiap drive anda. Jadi anda dapat bebas memilih drive mana saja yang anda inginkan untuk dibersihkan dari file sementara. Untuk memakai tool ini, anda cukup dengan klik kanan pada drive yang ingin anda bersihkan>Properties dan baru kemudian pilih Disk Cleanup.

8.Gunakan Disk Defragmenter


Defragmenter
Fragmentasi pada data anda akan membuat drive bekerja lebih keras, sudah pasti hal tersebut menyebabkan performa laptop anda menurun. Maka dari itu, anda sangat disarankan untuk memakai Disk Defragmenter yang bertujuan untuk menyusun ulang beberapa data yang terfragmentasi. Anda dapat memakai tool ini dengan cara klik kanan pada drive yang ingin didefrag kemudian pilih Properties lalu pilih Defragment now di tab Tools.


9.Hapus gadget yang tak penting pada dekstop anda

Gadget-gadget yang terpasang di dekstop akan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja komputer. Saya sarankan agar anda menghapus semua gadget yang benar-benar tidak penting, namun jika komputer anda mempunyai spesifikasi yang tinggi, mungkin saja dengan memasang gadget seperti ini tidak akan ada efeknya pada kinerja laptop anda.


10.Hapus Temporary File di komputer

Temporary file yang ada dalam sistem mampu mempengaruhi kinerja dari komputer tersebut sehingga menyebabkan komputer menjadi sangat lelet. Temporary File merupakan file-file yang hanya digunakan sementara dan tidak permanen serta menjadi sangat berlebihan sesudah program selesai digunakan. File temporary tersebut dibuat dengan keperluan menyimpan data sementara saat file sedang digunakan,diproses ataupun dibuat. Idealnya, Temporary File segera mungkin harus dihapus sesudah keluar dari program. Namun ini tak selalu terjadi, menimbulkan ruang disk yang terus bertambah. Dan lam-kelamaan dapat memenuhi harddisk dan sudah pasti bisa memperlambat kinerja dari Windows itu sendiri.Untuk menghapus Temporary File yang ada pada sistem terbilang sangatlah Mudah, anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Klik Tomblo Start>Run>Kemudian ketik temp>Enter.

data tmp
Maka nantinya akan muncul seluruh file temporary yang telah dibuat oleh sistem, silahkan anda hapus file tersebut secara rutin untuk mengurangi space yang ada dalam harddisk supaya kinerja komputer bisa lebih optimal. Dengan melakukan cara yang satu ini, seakan-akan beban sampah yang ada pada laptop/komputermu hilang seketika dan membuat laptopmu bersih dari sampah yang mengganggu. Jadi laptopmu akan bekerja dengan optimal tanpa harus terganggu dengan tumpukan sampah. 
Memang masih banyak beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk mempercepat kinerja laptop yang sudah melambat. Namun dengan menerapkan semua poin diatas saya rasa, itu semua sudah lebih dari cukup untuk mengatasi laptop anda yang lemot. Laptop yang lemot akan sangat mengganggu dan membuat anda kesal, terlebih lagi saat ada tugas namun saat ini semua itu bisa anda atasi dengan mudah. Andapun bisa melakukan aktivitas biasa dengan laptop anda yang terbebas dari lelet atau lemot.
Jangan pernah percaya dengan aplikasi peringan laptop tau PC karena pada aplikasi tersebut akan membalikan keadaan dan beberapa diantaranya dapat membuat celah sang virus masuk ke PC anda
Setelah anda mengikuti saran diatas mudah-mudahan laptop anda terbebas dari lemot atau lambat Sekian tips dari kami selalu share tips kami kapanpun atau subcribe emailmu di blog kami.


Related Posts

Kesal Dengan Kinerja Laptop Yang Mulai Lemot? Atasi Dengan 10 Tips Berikut Ini
4/ 5
Oleh